Welcome To My Blog AYU YULISTIATI - See more at: http://www.Ayuyulistiati@blogspot.com - Ayu.yulistiati@yahoo.com - Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Me ^_^

Pengantar Bisnis tugas 3

Posted by : PuppyMoon di 22.49 0 Comments

Nama : Ayu Yulistiati
Kelas : 1EB11
NPM  : 21212304
Pengantar Bisnis Tugas ke-3


1.    Apa yang anda ketahui mengenai bisnis ?
    Jawab     :   

    Dalam ilmu ekonomi menurut yang saya ketahui mengenai bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba.  Bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya, pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan.  Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan perkerjaan yang menghasilkan keuntungan.  Kata “Bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, Meski demikian denifisi bisnis masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini. Bisnis menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah bidang usaha dalam dunia perdagangan, sehingga jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia kurang lebih seperti ini :

“ Dunia perdagangan yang melakukan Aktivitas membeli, menjual atau memasok hal-hal untuk uang”

Pengertian bisnis sangatlah bervariasi.  ada banyak devinisi dari bisnis itu, saya mencoba mencari pengertian bisnis itu dari berbagai sumber, namun saya hanya mengambil beberapa yang terbaik. Paling tidak saya bisa menyimpulkan pengertian bisnis itu sendiri.
Kebanyakan orang beranggapan bahwa bisnis merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Menurut kesimpulan yang saya dapat, bisnis memang benar merupakan serangkaian usaha yang dilakukan 1 orang atau lebih individu bahkan kelompok dengan menawarkan barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan ataupun laba serta yang mempertemukan antara pembeli dengan penjual yang saling berinteraksi secara langsung ataupun tidak. Namun, setiap orang yang berbisnis harus siap untung dan siap juga rugi dan pastinya setiap bisnis yang dijalankan pasti mempunyai pesaing yang banyak. Bisnis tidak hanya bergantung dengan modal uang, tetapi banyak sekali faktor yang cukup mendukung terlaksananya sebuah bisnis tersebut. Misalnya : reputasi, keahlian, ilmu, sahabat dan kerabat terdekat dapat dijadikan modal untuk membuka peluang berbisnis.

** karena bisnis kita tahu berbagai macam orang yang di temui, karena bisnis kita mendapatkan uang dan karena bisnis pula kita mengetahui bagaimana caranya memanage waktu dan uang yang ada.

2.    Jelaskan devinisi bisnis menurut 10 pakar di dunia !

Jawab :

1.    Menurut Mahmud Mach Foedz
Bisnis adalah perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
2.    Menurut Brown dan Petrello
Bisnis suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang di butuhkan masyarakat. Apabila kebutuhan         masyarakat menin    gkat, maka lembaga bisnispun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.
3.    Menurut Steinford
Bisnis adalah aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang di perlukan oleh konsumen yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memiliki badan hukum maupun badan usaha seperti, pedagang kaki lima yang tidak memiliki surat izin tempat usaha.
4.    Menurut Hugbes dan Kapoor
Bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang jasa guna mendapatkan keuntungan.
5.    Menurut Mussleman dan Jackson
Bisnis adalah suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan di organisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.
6.    Menurut Allan Affuah
Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang di lakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasi berbagai sumber daya menjadi barang/jasa yang di inginkan konsumen.
7.    Menurut Glos, Steade dan Lawry
Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.
8.    Menurut Hua, T Chwee
Bisnis dalam arti yang luas adalah istilah umum menggambarkan semua aktivitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.
Bisnis adalah sekumpulan uang kecil di kelolah sekumpulan orang banyak sehingga berubah menjadi barang nyata.
Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan satu orang atau lebih individual atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan atau laba.
9.    Menurut Boone dan kurtz 
Bisnis adalah semua aktivitas aktivitas yang bertujuan memcari laba dan perusahyaan yag meghasilkan barang serta jasa yang dibutuhkan oleh sebuah sistem ekonomi.
10.     Menurut Hughes dan kapoor dalam alma
dalam alma Bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.


3.    Apa yang anda ketahui mengenai FRANCHISING ?

Jawab :

Menurut yang saya ketahui mengenai Franchising adalah pada hakekatnya Franchising merupakan sebuah konsep pemasaran dalam rangka memperluas jaringan usaha secara cepat. Dengan demikian, Franchising bukanlah sebuah alternatif melainkan salah satu cara yang sama kuatnya, sama strategsinya dengan cara konvensional dalam mengembangkan usaha. Bahkan sistem franchaise dianggap memiliki banyak kelebihan terutama menyangkut pendanaan, SDM, dan managemen, kecuali kerelaan pemilik merek untuk berbagi dengan pihak lain. Franchising juga dikenal sebagai jalur distributif yang sangat efektif untuk mendekatkan produk kepada konsumennya melalui tangan-tangan franchaisee.

Franchising terbagi atas  2 sigmen yaitu :
a)    Franchisor atau pembeli laba

Badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan  dan atau menggunakan hak atas intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
Franchisor sudah harus siap dengan perlengkapan oprasi bisnis dan kinerja manajemen yang baik menjamin kelangsungan usaha dan distribusi bahan baku untuk jangka waktu panjang, serta menyediakan kelengkapan usaha sampai kidetail yang terkecil. Franchisor juga sudah harus menyediakanperhitungan keuangan yang didapat.

b)    Franchisse atau Penerima Walaba

Badan usaha atau perorangan yang diberikan hak  memanfaatkan  dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi walaba . Franchisse hanya menyediakan tempat usaha dan modal sejumlah tertentu bergantung pada jenis  walaba yang akan dibeli. Namun Franchisse juga mempunyai kewajiban non-finansial yang sangat esensial yakni menjaga image produk


Jadi kesimpulannya adalah:

Franchise adalah suatu bentuk kerjasama dimana pembeli Walaba ( Franchisor ) memberi izin kepada penerima walaba ( Franchisse ) untuk menggunakan hak intelektualnya. Seperti nama merek dagang, produk, Jasa, dan sistem oprasi usahanya.  Sebagai timbal baliknya penerima walaba membayar suatu jumlah yang seperti Franchise dan Royalty fee atau lainnya.

4.    Berikan contoh 1 Bisnis Internasional di Indonesia yang sedang maju saat ini dan jelaskan secara detail (barang setengah jadi) !

Jawab :

Contoh Bisnis Internasional yang sedang maju di indonesia saat ini adalah kopi luwak. Kopi luwak sudah tidak di ragukan lagi akan cita rasa, aroma, dan harganya yang terlampau mahal karena sudah mendunia. Belakangan para pengusaha (wiraswasta) banyak yang melirik bisnis minuman kopi ini. Proses pengolahan kopi luwak ini tidak terlalu memakan banyak modal. Cukup dengan beberapa ekor binatang luwak dan kandangnya saja sudah bisa menghasilkan kopi luwak dengan beberapa syarat yaitu lokasi kandan harus terletak tidak jauh dari perkebunan kopi. Maraknya para penikmat kopi luwak yang memburu kopi luwak ini menjadikan persaingan dari harga dan kualitas kopi luwak.
Kopi luwak merupakan biji kopi matang pohon yang dimakan oleh binatang luwak (viverridae) dan di keluarkan bersamaan dengan kotoran binatang tersebut. Jadi, di dalam pencernaan luwak biji kopi tetap utuh tidak tercerna karena keras, tetapi mengalami proses percampuran dan fermentasi dengan makanan luwak lainnya. Luwak merupakan binatang yang pandai memilih makanan yang baik untuknya. Maka, proses fermentasi di dalam pencernaan luwak itulah yang membuat rasa kopi ini berbeda. Aromanya lebih harum serta ada rasa pahit dan getir asam yang lebih khas dan special. Dalam biji kopi luwak berwarna kekuningan dan berbau harum serta wangi. Kopi luwak biasanya di pasarkan dengan harga yang cukup mahal yaitu dengan harga Rp. 200.000,-
Untuk pendapatan perkapita pada bisnis kopi luwak adalah untuk satu kilogram kopi luwak bubuk mencapai Rp800 ribu lebih, harga kopi luwak akan meningkat bila harga biji kopi merah meningkat pula.

5.     Jelaskan apa yang di maksud dengan perusahaan, organisasi, manajemen, serta manajemen produksi !

Jawab :

•    Perusahaan adalah suatu organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lainnya yang kegiatannya adalah melakukan produksi dan distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia. Diantara kebutuhan ekonomis manusia yaitu sandang, pangan, papan dan kesenangan. Kegiatan produksi dan distribusi di lakukan dengan cara menggabungkan berbagai faktor produksi. Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan untuk menghasilkan barang atau jasa.
•    Organisasi adalah alat untuk mencapai tujuan manajemen atau suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, berkerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode serta lingkungan) dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
•    Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran.
•    Manajemen produksi adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan dengan menggunakan koordinasi kegiatan orang lain serta kegiatan untuk mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan sumber-sumber daya.

Posted by : PuppyMoon di 21.25 0 Comments

Nama        : Ayu Yulistiati
Kelas        : 1EB11
NPM        : 21212304
Pengantar  Bisnis

OPINI TENTANG McDonald’s

Menurut saya, restoran merupakan tempat yang menyediakan makanan, fasilitas dan pelayanan. Sekarang ini restoran pun ada berbagai macam ragamnya. Salah satu restaurant cepat saji yang sangat terkenal dan sangat mendunia adalah mcdonald’s. Siapa sih yang tidak tahu perusahaan mcdonald’s yang sudah sangat terkenal ini. Bisnis perusahaan ini dimulai pada tahun 1940.an dengan ciri khas lambang dua busur berwarna kuning yang biasanya dipajang diluar rumah-rumah makan mereka agar dapat segera dikenali oleh masyarakat luas, selain itu restaurantnya pun cepat berkembang pesat.
Restaurant  makanan cepat saji seperti mcdonald’s ini menyediakan menu-menu seperti minuman ringan, kentang goreng, filet ayam dan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada. Fasilitas yang ada di mcdonald’s pun cukup memadai seperti adanya fasilitas hotspot yang ada di mcdonald’s lebih tepatnya di daerah saya yaitu (cilegon), namun dalam fasilitas pelayanan di mcdonald’s saya rasa kurang sekali menghargai setiap konsumen maupun pelanggan yang ingin membeli makanan cepat saji tersebut.
Saat itu saya berada di sebuah mcdonald’s tepatnya di daerah tempat tinggal saya yaitu di cilegon, saya pernah menemui pelanggan di mcdonald’s yang kecewa dengan restaurant mcdonald’s tersebut. Saat itu pelanggan tersebut datang ke restaurant pada siang hari untuk membeli makan siang bagi anaknya sekaligus untuk memesan paket nasi dalam jumlah banyak. Pelanggan tersebut sudah berbicara kepada petugas yang melayani pembelian makan pelanggan tersebut bahwa pelanggan ingin berbicara dengan store managernya berkaitan dengan rencana memesan paket nasi untuk suatu kegiatan. Petugas yang melayani meminta pelanggan tersebut untuk menunggu managernya, dengan alasan yang saya sendiripun kurang tahu. Setelah lebih dari 30 menit pelanggan tersebut menunggu, petugas tersebut kembali mengingatkan managernya. Namun sang manager tetap angkuh untuk tidak menemui pelanggan tersebut.

Akhirnya, setelah lama menunggu dan merasa tidak dilayani, pelanggan tersebut memutuskan untuk pulang dan yang saya lihat pelanggan tersebut marah dan sangat kecewa atas pelayanan yang ada di mcdonald’s. Kejadian seperti itu membuat saya bertanya apakah pelayanan dalam mcdonald’s itu masih kurang sehingga konsumen pun diacuhkan? Padahal jika dibadingkan restaurant mcdonald’s (makanan cepat saji) adalah sebuah restoran yang sangat terkenal bahkan sangat mendunia di kalangan masyarakat. Seharusnya dengan semakin terkenalnya restaurant mcdonald’s tersebut lebih di tingkatkan fasilitas pelayanan bagi konsumen yang datang untuk membeli agar konsumen pun menjadi tertarik untuk mengunjungi restaurant mcdonald’s tersebut dan bukan malah sebaliknya.

Bukan hanya itu saja, bukankah mcdonald’s sangat terkenal dengan makanan cepat saji serta paling berpengalaman serta paling cepat melayani namun mengapa tidak seimbang dengan apa yang seharusnya dilakukan. Semoga saja restaurant mcdonald’s tersebut tidak mengulangi perbuatan itu lagi karena kesuksesan itu berawal dari konsumen yang senang akan tempat yang di kunjungi karena bagaimanapun itu konsumen ataupun pelanggan yang datang bisa menilai baik buruknya suatu restaurant tersebut.

Semua restaurant punya kelebihan dan kekurangannya, namun kali ini saya ingin memberi tahu kelebihan yang ada pada mcdonald’s. Selain ada fasilitas hotspot yang sangat berguna bagi pelanggan yang datang ke rastaurant tersebut, berbagai macam hidangan seperti hamburger dan kentang goreng pun tersedia dan masih banyak lagi fasilitas yang di sediakan oleh mcdonald’s.

Saya pernah membaca salah satu situs di jejaring sosial yang mengatakan bahwa daging dalam retaurant mcdonald’s adalah haram dan termasuk dalam daging babi. Entah itu anggapan darimana dan mereka mengetahuinya darimana saya pun tidak mengetahuinnya, namun yang saya tahu dalam restaurant mcdonald’s tempat saya tidak sama sekali adanya unsur bahwa adanya sebuah penggunaan daging babi karena dulu saat saya masih SMA saya pernah mendapatkan tugas meniliti cara pembuatan berbagai macam yang ada di restaurant khususnya yang ada didaerah saya. Saya pun memilih restaurant mcdonald’s karena jarak rumah saya tidak terlalu jauh dari restaurant tersebut. Akhirnya saya dan teman sekelompok saya meminta bagaimana cara pembuatan hamburger yang ada di restaurant mcdonald’s tersebut, namun sampai sejauh yang saya teliti saya dan teman-teman saya tidak menemukan adanya daging babi, setelah saya cium khas pada daging tersebut adalah daging sapi.

    Akhirnya saya pun dapat menyimpulkan bahwa daging yang selama ini di konsumsi oleh para konsumen maupun pelanggan terutama yang islam adalah daging sapi dan syukur alhamdulillah masih halal untuk di konsumsi oleh para masyarakat sekitar. Selain itu restaurant Mcdonald’s memperkenalkan kiwiburger pada tahun 1991 dan semenjak itu pula sandwich lobster telah menjadi makanan cepat saji yang bahan utamanya adalah lobster dan roti.

Selain itu, ada makanan mcrice burger dari taiwan, singapura, indonesia, filipina dll yang di perbolehkan oleh anak-anak yang berusia 10 tahun. Nasi itu dibentuk menjadi roti dengan daging sapi atau ayam di dalamnya.
  gambar disamping adalah contoh dari mcrice burger.

Dan masih banyak lagi makanan yang ada di dalam restaurant mcdonald’s tersebut. Salah satunya di indonesia adalah makanan yang paling banyak di gemari adalah ayam goreng, nasi, bahkan kentang goreng alias french fries. Bukan hanya makanan saja minuman yang paling banyak saya temui jika saya mengunjungi mcdonald’s adalah coca-cola bahkan fanta khususnya untuk para remaja yang mengunjungi mcdonald’s atau bahkan ice creamnya bagi anak kecil yang menyukainya.
Yang saya ketahui dalam jejaring internet adalah McDonald’s Corp pun  merupakan restoran hamburger terbesar di dunia yang melayani lebih dari 58 juta pelanggan setiap harinya. McDonald’s  berhasil membuktikan  dirinya sebagai restoran hamburger terbesar di dunia pada saat ini.  McDonald’s  tidak tumbuh pesat karena keberuntungan,  tetapi  karena kerja keras dan ide-ide bisnis yang cemerlang.
Saya harap mcdonald’s lebih bisa berkembang pesat dari hari-hari bahkan tahun-tahun sebelumnya, bahkan kalau bisa lebih menghargai konsumen bahkan pelanggan yang datang.

 

Posted by : PuppyMoon di 21.16 0 Comments

McDonald's

     
McDonald's Corporation atau McD (di Indonesia terkenal dengan sebutan McD dan dibaca Mek-di) adalah rangkaian rumah makan siap saji terbesar di dunia. Hidangan utama di restoran-restoran McDonald's adalah hamburger, namun mereka juga menyajikan minuman ringan, kentang goreng, filet ayam dan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada. Lambang McDonald's adalah dua busur berwarna kuning yang biasanya dipajang di luar rumah-rumah makan mereka dan dapat segera dikenali oleh masyarakat luas.
Restoran McDonald's pertama didirikan pada tahun 1940 oleh dua bersaudara Dick dan Mac McDonald, namun kemudian dibeli oleh Ray Kroc dan diperluas ke seluruh dunia. Sampai pada tahun 2004, McDonald's memiliki 30.000 rumah makan di seluruh dunia dengan jumlah pengunjung rata-rata 50.000.000 orang. Restoran McDonald's pertama kali di Indonesia terletak di Sarinah, Jakarta dan dibuka pada 23 Februari 1991. Berbeda dari kebanyakan restoran McDonald's di luar negeri, McDonald's juga menjual ayam goreng dan nasi di restoran-restorannya di Indonesia.
Pada 1 Oktober 2009 McDonald's berubah menjadi Tony Jack's Indonesia, tetapi tidak seluruh perusahaan McDonald's. Terdapat 13 perusahaan McDonald’s milik Bambang Rachmadi yang berubah antara lain berlokasi di Sarinah (Thamrin), Melawai Plaza, Blok M Plaza, Arion, Kelapa Gading, Sunter, Bandung Indah Plaza, Tunjungan Plaza, Bandara Soekarno-Hatta, ITC Mangga Dua, Citra Land, Gajah Mada Plaza, dan Kebon Jeruk. Tak lama kemudian, pada tahun 2010 Tony Jack's Indonesia bangkrut dan diambil ahli oleh McDonald's. Di Norwegia terdapat McLaks, yaitu sandwich salmon, di India terdapat Maharaja Macs dengan daging kambing dan McAloo Tikki burger untuk umat Hindu vegetarian.
Bisnis perusahaan ini dimulai pada tahun 1940 dengan dibukanya sebuah restoran oleh Dick dan Mac McDonald, di San Bernardino, California. Mereka memperkenalkan "Speedee Service System" pada tahun 1948, yang kemudian menjadi pinsip dasar restoran siap-saji moderen. Maskot awal McDonald's, yang bernama Speede adalah seorang pria dengan kepala berbentuk hamburger yang menggunakan topi koki. Speede kemudian digantikan oleh Ronald McDonald pada tahun 1963.

McDonald's saat ini tidak menjadikan tahun 1940 sebagai tahun kelahiran restoran McDonald's. Mereka memilih 15 April 1955, ketika Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald's dari Dick dan Mac di Des Plaines, Illinois, sebagai hari kelahirannya. Kroc kemudian membeli saham dari McDonald's bersaudara dan memimpin perusahaan ini melakukan ekspansi ke seluruh dunia. Saham McDonald's mulai dijual kepada publik tahun 1965.
Sifat agresif yang dimiliki Kroc bertentangan dengan keinginan McDonald bersaudara. Kroc dan McDonald bersaudara bertikai untuk mengontrol bisnis ini, namun akhirnya McDonald bersaudaralah yang pergi meninggalkan perusahaan. Pertikaian ini didokumentasikan baik dalam otobiografi Kroc maupun otobiografi McDonald bersaudara. Situs di mana McDonald bersaudara pertama kali mendirikan restoran kini dijadikan monumen. Dengan ekspansi agresifnya ke seluruh penjuru dunia, McDonald's dijadikan sebagai simbol globalisasi dan penyebar gaya hidup orang Amerika.
McDonalds mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar enam persen pada April 2011 lalu. Kinerja penjualan yang positif dari McDonalds shakes, kopi dan menu sarapan mendongkrak kinerja restoran cepat saji ini.
Pada tanggal  22 Februari 1991 McDonald’s  pertama kali hadir di Indonesia, dengan lokasi restoran  di Sarinah Thamrin, Jakarta. Di Indonesia Mc Donald’s merupakan pemimpin pasar (market leader) bagi restoran hamburger  secara domestic.   Saat ini restoran hamburger Mcdonald  telah tersebar hampir di semua pulau di Indonesia. Dan  sampai dengan akhir tahun 2011 McDonald mendirikan restorannya yang  ke  111  di Tegal Jawa Tengah.

Outlet-outlet  Mc Donald di Indonesia ditempatkan di wilayah yang strategis dan mudah dijangkau oleh pelanggan, seperti di mal-mal,  real estate, perkantoran ataupun tempat  bisnis dimana ada keramaian. Di Indonesia produk Mc Donald  disesuaikan dengan selera dan kebutuhan pelanggan, seperti adanya penjualan nasi / rice, itu hanya ada di Indonesia.  Mc Donald Indonesia juga bekerjasama dengan perusahaan Coca Cola yang  ternama di dunia. Kesuksesan dalam periklanannya, seperti adanya  kata “I'm Loving It” dalam setiap kampanye  pemasarannya.  Di Indonesia  Mc Donald  aktif dalam kegiatan amal untuk anak-anak,  kegiatan-kegiatan olahraga. Selain itu Mc Donald Indonesia membuat  sistem delivery order yang mudah sebagai  satu bentuk pelayanan kepada pelanggan dengan menelpon 14045

Visi dari McDonald Indonesia yang sama dengan visi McDonald’s  Internasional  yaitu “  to be the world’s best quick service restaurant experience “,  Menjadi restoran cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia.

Sumber    :

•    Wikipedia,
•    labsky2012.blogspot.com
•    www.voaindonesia.com
•    www.mcdonalds.co.id