Welcome To My Blog AYU YULISTIATI - See more at: http://www.Ayuyulistiati@blogspot.com - Ayu.yulistiati@yahoo.com - Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Me ^_^

CERPEN KEDUA (Pelanggaran Kode Etik)

Posted by : PuppyMoon di 08.11

Pelanggaran Kode Etik
CERPEN KEDUA

Penjualan yang dilakukan oleh perusahaan saya merupakan penjualan secara tunai. Adapun cara-cara penjualan dilakukan oleh perusahaan saya antara lain :
1.    Penjualan secara langsung
Penjualan langsung merupakan cara penjualan dimana penjual langsung berhadapan atau bertatap muka dengan calon pembeli. disini pembeli dapat langsung mengemukakan keinginannya, bahkan bisa saja terjadinya proses tawar-menawar untuk mencapai kesesuaian yang telah disepakati. Penjual, sebagai alat penghubung bagi perusahaan dalam menghadapi pembeli dan dapat membantu pembeli dalam menentukan pilihannya.

2.    Penjualan secara tidak langsung
Penjualan tidak langsung merupakan penjualan yang dapat terjadi jika terdapat masalah-masalah diantaranya seperti jarak dan lokasi antara penjualan dan pembeli yang cukup jauh. Penjual juga tidak berhadapan muka langsung dengan calon pembeli, maka transaksi jual beli tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan telepon.
Informasi yang dibutuhkan dari transaksi penjualan tunai ini adalah sebagai berikut :
1.    Jumlah pendapatan penjualan.
2.    Jumlah kas yang diterima dari penjualan tunai.
3.    Jumlah harga pokok produk yang dijual selama jangka waktu tertentu.
4.    Nama dan alamat pembeli.
5.    Kuantitas produk yang akan dijual.
6.    Kualitas produk yang akan dijual.
7.    Otoritas pejabat yang berwenang.
Adapun prosedur yang membentuk sistem dalam sistem penjualan tunai yang dilakukan oleh perusahaan yang saya kelola adalah sebagai berikut :



a.         Prosedur order penjualan.
Dalam prosedur ini, bagian penjualan menerima order dari pembeli dan membuat faktur penjualan tunai. Setelah pembeli membayar, bagian gudang mengirimkan barang kepada pembeli.
b.        Prosedur penerimaan kas.
Dalam prosedur ini, bagian kasa menerima pembayaran dari pembeli dan memberikan tanda pembayaran (berupa pita register kas dan cap “lunas” pada faktur penjualan tunai), kemudian pembeli dapat mengambil barang.
c.         Prosedur penyerahan barang
Dalam prosedur ini pengiriman hanya menyerahkan barang kepada pembeli.
d.        Prosedur pencatatan penjualan tunai
Dalam prosedur ini, bagian akuntansi melakukan pencatatan transaksi penjualan tunai
e.         Prosedur pembuatan laporan keuangan
Dalam prosedur ini, bagian akuntansi pula yang melakukan proses pembuatan laporan keuangan yang sifatnya sangat menentukan perusahaan sedang dalam keadaan berkembang ataupun malah sebaliknya perusahaan dalam keadaan kurang baik.
Secara keseluruhan struktur organisasi pada CV. Bumi Trijaya terbagi menjadi beberapa bagian, dimana pada bagian-bagian tersebut memliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Adapun tugas dan tanggung jawab setiap bagian pada CV. Bumi Trijaya adalah sebagai berikut :
1.      Pimpinan
Pimpinan disini adalah saya sendiri yang bertugas sebagai
a.         Memimpin serta mengawasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan perusahaan yang dikerjakan oleh bagian staff keuangan, bagian staff penjualan dan karyawan pada perusahaan.
b.        Memberikan perencanaan serta memberikan arahan-arahan kepada karyawannya.
c.         Bertanggung jawab atas segala yang berhubungan dengan segala kegiatan perusahaan.
d.        Mengontrol langsung kondisi karyawan pada saat  berkerja (terjun langsung ke lapangan).

2.      Staff Keuangan
a.       Bertugas mengatur administrasi dan keuangan dari perusahaan tersebut.
b.      Membuat laporan keuangan yang akan diberikan kepada pemimpin.
c.       Menyimpan data pembukuan yang lengkap dan bukti pendukungnya serta mencatat dokumen transaksi yang berkaitan dengan pengeluaran dan pemasukan kas perusahaan.

3.      Staff Penjualan
a.       Melayani konsumen.
b.      Menerima order penjualan dari konsumen.
c.       Membuat faktur penjualan tunai dan kwitansi.
d.      Menerima pembayaran barang dari konsumen.
e.       Menyiapkan barang dagangan yang dipesan oleh konsumen.
f.       Mengecek sejumlah barang dagangan yang akan dikirim oleh perusahaan.
Disini saya akan memulai kejadian bagaimana penggelapan dana yang dilakukan oleh karyawan saya sendiri bisa terjadi. Kejadian ini cukup membuat saya terkejut dan membuat perusahaan yang saya jalani ini mengalami krisis keuangan dan hampir mencapai posisi terendah. Kerugian yang saya alami hampir kurang lebih sekitar 2 miliar karena kasus penggelapan dana yang dilakukan oleh karyawan saya itu, kasus ini sudah ditutup karena sudah terbukti siapa yang sebenernya yang telah salah.

Kasus ini dilakukan oleh staff keuangan yang mengikutsertakan staff penjualan juga ikut terseret dalam kasus penggelapan dana ini serta beberapa karyawan lainnya yang ikut terseret pula karena telah menerima sejumlah uang panas dari perusahaan yang telah saya kelola dengan susah payah.

0 komentar:

Posting Komentar