Pelanggaran
Kode Etik
CERPEN
KETIGA
Dalam transaksi
penjualan tunai yang dilakukan oleh perusahaan saya adalah barang baru akan
diserahkan oleh perusahaan kepada kosumen apabila perusahaan telah menerima
sejumlah uang / kas dari konsumen.
Uraian Prosedur
Penjualan (Proses Bisnis)
Dalam
membahas sistem yang sedang berjalan tersebut terdiri dari prosedur-prosedur
dalam melakukan berbagai kegiatan sampai tersusunnya sistem penjualan tunai. Berikut
ini adalah rangkaian prosedur pada sistem yang sedang berjalan :
a.
Pemesanan
barang dagangan
Pemesanan pada barang dagangan baru
akan dilakukan oleh staff penjualan apabila konsumen memesan barang dagangan
yang dibutuhkan dengan cara mendatangi secara langsung. Setelah mencapai kesepakatan harga antara
staff penjualan dengan konsumen, staff penjualan akan membuatkan faktur
penjualan. apabila konsumen melakukan pembayaran secara tunai maka staff
penjualan akan membuatkan faktur penjualan tunai yang dibubuhi dengan cap
lunas.
b.
Pembayaran
Konsumen dapat melakukan pembayaran
barang dagangan dengan melalui dua cara, yaitu bisa dilakukan dengan pembayaran
ditempat ataupun melalui via transfer. Apabila konsumen melakukan pembayaran
dengan melalui via transfer maka konsumen dapat mentransfer terlebih dahulu
sejumlah nominal (uang) yang telah disepakati sebelumnya, setelah itu konsumen
dapat menghubungi staff penjualan bahwa konsumen telah mentransfer sejumlah
uang yang telah disepakati sebelumnya. Kemudian staff penjualan akan mengecek
terlebih dahulu sejumlah penerimaan kas yang masuk, Jika benar konsumen telah
melakukan pembayaran maka konsumen akan menyerahkan faktur penjualan dan staff
penjualan akan membubuhkan cap lunas pada faktur tersebut. Selanjutnya, staff
penjualan akan membuatkan kwitansi dengan sejumlah nominal yang sesuai dengan
kesepakatan sebelumnya dan memberikannya kepada konsumen. Konsumen akan
menerima kwitansi tersebut sebagai tanda bukti pembayaran yang sudah dilakukan
secara tunai. Sedangkan, apabila konsumen melakukan pembayaran secara tunai di
tempat maka staff penjualan akan langsung membubuhkan cap lunas pada faktur
penjualan tunai dan membuatkan kwitansi dengan sejumlah nominal yang telah
disepakati sebelumnya kemudian memberikannya kepada konsumen sebagai bukti
pembayaran barang dagangan yang dilakukan secara tunai.
c.
Pengambilan
Barang dagangan
Setelah konsumen melakukan
pembayaran maka barang dagangan yang akan dikirim akan dicek terlebih dahulu
apakah sudah sesuai dengan pesanan atau belum. Jika sudah sesuai dengan pesanan
konsumen maka staff penjualan dapat mengirimkannya ke alamat konsumen tersebut
serta menyerahkan barang dagangan yang telah dipesan oleh konsumen.
d.
Laporan
Pada setiap penjualan dilakukan,
staff keuangan selalu mencatat transaksi penjualan yang selanjutnya akan dibuat
laporan penjualan pada setiap akhir bulan, seperti rekapitulasi pengiriman
barang dagangan pada bulan terjadinya penjualan. Setelah itu staff keuangan
pula lah yang akan membuat laporan keuangan tersebut yang selanjutnya akan di
serahkan kepada saya sebagai bukti laporan keuangan perusahaan tersebut
bagaimana.
Hal ganjil mulai saya rasakan
ketika saya merasa adanya ketidakberesan dalam laporan keuangan perusahaan saya
ini. Entah kenapa perusahaan yang saya kelola ini menjadi terus menerus menurun
yang akan mengakibatkan perusahaan saya ini bisa dikatakan akan bangkrut jika
dilihat dari laporan keuangan yang terus menerus menurun tanpa adanya sebab
yang pasti mengapa perusahaan ini bisa menurun.
Jika dilihat sebelumnya dari mulai
proses penjualan sampai barang diterima oleh konsumen tidak ada hal yang patut
untuk dicurigakan adanya. Pembayaran yang dilakukan oleh konsumenpun telah
diterima oleh perusahaan karna telihat jelas dalam laporan keuangan tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar