Welcome To My Blog AYU YULISTIATI - See more at: http://www.Ayuyulistiati@blogspot.com - Ayu.yulistiati@yahoo.com - Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Me ^_^

Pengertian beserta Contoh Silogisme, Generalisasi dan Analogi

Posted by : PuppyMoon di 16.40 8 Comments

SILOGISME

Silogisme adalah jenis penalaran deduksi secara tidak langsung yang merupakan penemuan terbesar oleh ahli filsafat terkenal yaitu Aristoteles. pengertian umum dari silogisme adalah suatu argument deduktif yang terdiri dari 2 premis dan 1 kesimpulan. premis yang pertama disebut juga sebagai premis umum sedangkan premis yang kedua disebut dengan premis khusus, kesimpulan keduanya berhubungan erat dengan premis-premis yang ada.
jika premis-premisnya benar maka dalam penerapannya ada empat jenis silogisme yaitu 

Silogisme Kategoris
Silogisme Kategoris adalah Silogisme yang terdiri dari 3 premis kategoris, contohnya adalah



  • Semua manusia adalah makhluk berakal budi (premis mayor)
  • Afdan adalah manusia (premis minor)
  • Jadi, Afdan adalah makhluk berakal budi (kesimpulan)
  • Jika hari ini tidak hujan, saya akan ke rumah paman (premis mayor)
  • Hari ini tidak hujan (premis minor)
  • Maka, saya akan kerumah paman (kesimpulan)
  • Kakek berada di Bantaeng atau Makassar (premis mayor)
  • Kakek berada di Bantaeng (premis minor)
  • Jadi, kakek tidak berada di Makassar (kesimpulan)
  • Heri Jujur atau berbohong (premis1)
  • Ternyata Heri berbohong (premis2)
  • Ia tidak jujur (konklusi)
  • Dia menerima hadiah pertama karena dia telah menang dalam sayembara itu
  • Anda telah memenangkan sayembara ini. karena itu anda berhak menerima hadiahnya
  • Nidji adalah band yang terkenal di Indonesia. Wali merupakan band yang memiliki banyak fans dan terkenal di Indonesia. Zivilia adalah salah satu band pendatang yang terkenal di seluruh pelosok Indonesia dengan jenis musik melayu. Di Indonesia banyak band yang terkenal.
  1. Generalisasi Sempurna adalah generalisasi dimana seluruh fenomena yang menjadi dasar penyimpulan diselidiki. contohnya adalah Sensus Penduduk.
  1. Generalisasi tidak Sempurna adalah generalisasi dimana kesimpulan diambil dari sebagian fenomena yang diselidiki diterapkan juga untuk semua fenomena yang belum diselidiki. contonya adalah Hampir seluruh pria dewasa di Indonesia senang memakai celana pantalon.
  • Deo adalah seorang mekanik handal yang masuk di sebuah perusahaan industri mesin. Deo adalah lulusan STM berkah. berkat dedikasi yang tinggi, perusahaan tersebut maju dengan pesat dan ketika perusahaan tersebut membutuhkan tenaga kerja baru, mereka melihat irul yang juga lulusan dari STM berkah yang memiliki keahlian yang juga tidak kalah dengan Deo. Akhirnya, mereka merekrut irul untuk berkerja di perusahaan tersebut.



Silogime Hipotesis
Silogisme hipotesis adalah silogisme yang premis mayornya berupa keputusan hipotesis dan premis minornya merupakan pernyataan kategoris. contohnya adalah
Silogisme Alternatif


Silogisme alternatif adalah silogisme yang premis mayornya premis alternatif, premis minornya membenarkan salah satu alternatifnya, dan kesimpulannya menolak alternatif yang lain. contohnya adalah



Silogisme Disjungtif
Silogisme disjungtif adalah silogisme yang premis mayornya merupakan keputusan disyungtif sedangkan premis minornya bersifat kategorik yang mengakui atau mengingkari salah satu alternatif yang disebut oleh premis mayor. contohnya adalah
Entimen
Silogisme ini jarang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam tulisan maupun lisan hanya terdapat premis minor dan kesimpulan. contohnya adalah
GENERALISASI

Generalisasi adalah proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fakta atau gejala khusus yang di amati lalu ditarik kesimpulan umum tentang sebagian atau seluruh gejalanya yang di amati itu. contohnya adalah 
Macam-macam Generalisasi :
*generalisasi yang tidak sempurna juga dapat menghasilkan kebenaran apabila melalui prosedur pengujian yang benar.

ANALOGI

Analogi adalah membandingkan dua hal yang memiliki sifat yang sama. cara ini berdasarkan pada sebuah asumsi bahwa jika sudah ada persamaan dalam berbagai segi, maka nada persamaan pula dalam bidang yang lain. contohnya adalah 


Jenis-jenis Analogi:

1. Analogi induktif :
Analogi induktif, yaitu analogi yang disusun berdasarkan persamaan yang ada pada dua fenomena, kemudian ditarik kesimpulan bahwa apa yang ada pada fenomena pertama terjadi juga pada fenomena kedua. Analogi induktif merupakan suatu metode yang sangat bermanfaat untuk membuat suatu kesimpulan yang dapat diterima berdasarkan pada persamaan yang terbukti terdapat pada dua barang khusus yang diperbandingkan.

Contoh analogi induktif :
Tim Uber Indonesia mampu masuk babak final karena berlatih setiap hari. Maka tim Thomas Indonesia akan masuk babak final jika berlatih setiap hari.

2. Analogi deklaratif :
Analogi deklaratif merupakan metode untuk menjelaskan atau menegaskan sesuatu yang belum dikenal atau masih samar, dengan sesuatu yang sudah dikenal. Cara ini sangat bermanfaat karena ide-ide baru menjadi dikenal atau dapat diterima apabila dihubungkan dengan hal-hal yang sudah kita ketahui atau kita percayai.

contoh analogi deklaratif :
deklaratif untuk penyelenggaraan negara yang baik diperlukan sinergitas antara kepala negara dengan warga negaranya. Sebagaimana manusia, untuk mewujudkan perbuatan yang benar diperlukan sinergitas antara akal dan hati.

Sumber :

http://www.pengertianahli.com/2014/07/pengertian-silogisme-contoh-silogisme.html
http://www.wikipedia.com
http://apikgoregrind.blogspot.com/2014/03/pengertian-penalaran-induktif.html

tugas bahasa indonesia

Posted by : PuppyMoon di 06.16 0 Comments

Nama : Ayu Yulistiati
NPM : 21212304
Kelas : 3EB11
Tugas : Softskill Bahasa Indonesia

Penalaran
Proses berfikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proporsisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proporsisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut dengan menalar.
Penalaran juga merupakan aktifitas pikiran yang abstrak untuk mewujudkannya diperlukan simbol atau lambang yang digunakan dalam penalaran bahasa, sehingga wujud penalaran akan berupa argumen. Sedangkan untuk proposisi simbol yang digunakan adalah kalimat (kalimat berita) dan penalaran menggunakan simbol berupa argumen.         
Definisi menurut beberapa para ahli
·        Menurut Keraf, penalaran adalah proses berfikir dengan menghubung-hubungkan bukti, fakta, petunjuk atau eviden menuju kepada suatu kesimpulan.
·        Menurut Bakry, penalaran adalah suatu konsep yang paling umum menunjuk pada salah satu proses pemikiran untuk sampai pada suatu kesimpulan sebagai pernyataan baru dari beberapa pernyataan lain yang telah diketahui.
·        Menurut Suriasumantri, penalaran adalah suatu aktifitas berpikir dalam pengambuilan suatu simpulan yang berupa pengetahuan.

Ciri-ciri penalaran adalah sebagai berikut :
1.     Dilakukan dengan sadar
2.     Didasarkan atas sesuatu yang sudah diketahui
3.     Bersifat sistematis
4.     Terarah dan bertujuan
5.     Mengahasilkan kesimpulan berupa pengetahuan, keputusan atau sikap yang baru
6.     Sadar tujuan
7.     Premis berupa pengalaman atau pengetahuan bahkan teori yang telah diperoleh
8.     Pola pemikiran tertentu
9.     Sifat empiris rasional

Penalaran terbagi menjadi 2 bagian yaitu
·        Penalaran Induktif yaitu proses penalaran untuk menarik suatu prinsip atau sikap yang berlaku untuk umum maupun suatu kesimpulan yang bersifat umum dan berdasarkan atas fakta-fakta khusus.
·        Penalaran Deduktif yaitu cara berpikir yang didasarkan atas prinsip, hukum, teori atau keputusan lainnya yang berlaku umum untuk suatu hal atau gejala.

Proposisi
Proposisi adalah pernyataan tentang hubungan yang terdapat diantara subjek dan predikat. Dengan kata lain, proposisi adalah pernyataan yang lengkap dalam bentuk subjek-predikat yang membentuk kalimat. Hanya kalimat berita yang netral yang dapat disebut sebagai poporsisi tetapi kalimat-kalimat itu dijadikan proposisi apabila diubah bentuknya menjadi kalimat berita yang netral.

Jenis-Jenis Proposisi dapat dipandang dari 4 kriteria yaitu berdasarkan :
1.     Berdasarkan bentuk, dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu tunggal adalah proposisi yang terdiri dari satu subjek dan satu predikat. Sedangkan majemuk atau jamak adalah proposisi yang terdiri dari satu subjek dan lebih dari satu predikat.
2.     Berdasarkan sifat, dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu kategorial adalah proposisi yang hubungan antara subjek dan predikatnya tidak membutuhkan syarat apapun. Sedangkan kondisional adalah proposisi yang membutuhkan syarat tertentu dalam hubungan subjek maupun predikat.
3.     Berdasarkan kualitas, dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu positif adalah proposisi yang membenarkan adanya persesuaian hubungan antara predikat dan subjek. Sedangkan negatif adalah proposisi yang menyatakan bahwa antara subjek dan predikat tidak mempunyai hubungan.
4.     Berdasarkan kuantitas, dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu umum adalah predikat proposisi membenarkan atau mengingkari seluruh subjek. Sedangkan khusus adalah predikat proposisi hanya membenarkan atau mengingkari sebagian subjek.

Inferensi
Suatu proses penarikan konklusi dari satu atau lebih proposisi. Ada dua cara yang bisa ditempuh dalam inferensi, yaitu inferensi Induktif dan Inferensi deduktif.
Metode inferensi adalah mekanisme berfikir dan pola-pola mendapat suatu kesimpulan. Metode ini akan menganalisa masalah tertentu dan selanjutnya akan mencari jawaban atau kesimpulan yang terbaik. Penalaran dimulai dengan mencocokkan kaidah-kaidah dalam basis pengetahuan dengan fakta-fakta yang ada.
Jenis-jenis Inferensi terbagi menjadi dua bagian yaitu
·        Inferensi langsung adalah inferensi yang kesimpulannya ditarik dari hanya satu premis (proposisi yang digunakan untuk penarikan kesimpulan). Konklusi yang ditarik tidak boleh lebih luas dari premisnya.
·        Inferensi tidak langsung adalah inferensi yang kesimpulannya ditarik dari dua atau lebih premis. Proses akal budi membentuk sebuah proposisi baru atas dasar penggabungan proposisi lama.
  
Implikasi
Implikasi dalam manajemen dapat terbagi menjadi 2 bagian, yaitu
·        Implikasi prosedural yang meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja serta formulasi kebijakan.
·        Implikasi kebijakan yang meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan serta perumusan tindakan.
Implikasi dalam logika dapat terbagi menjadi 2 bagian, yaitu
·        Implikasi logis dalam logika matematika
·        Kondisional material dalam falsafah logika
Jadi definisi dari implikasi dalam bahasa indonesia adalah keterlibatan atau keadaan terlibat.

Wujud Evidensi
Unsur yang paling penting dalam suatu tulisan argumentatif adalah Evidensi. Pada hakikatnya evidensi adalah semua fakta yang ada semua kesaksian, semua informasi, atau autoritas dan sebagainya yang dihubung-hubungkan untuk membuktikan suatu kebenaran. Fakta dalam kedudukan sebagai evidensi tidak boleh dicampur dengan apa yang dikenal. Dengan pernyataan dan penegasan, pernyataan tidak berpengaruh apa-apa pada evidensi, ia hanya sekedar menegaskan apakah suatu fakta itu benar atau tidak. Fakta adalah sesuatu yang sesungguhnya terjadi atau sesuatu yang secara nyata.


Cara Menguji Data, Fakta dan Autoritas
Menguji sesuatu itu cukup penting bagi kehidupan seperti data, fakta dan autoritas. Dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan banyak sekali informasi dari berbagai sumber. Ada beberapa yang hanya opini dan ada juga yang merupakan fakta. Ada juga informasi yang merupakan fakta atau yang sebenarnya terjadi ada juga informasi yang tidak jelas fakta atau hanya karangan belaka.

Cara menguji data
Data dan informasi yang digunakan dalam penalaran harus merupakan fakta. Oleh karena itu, perlu diadakan pengujian melalui cara-cara tertentu sehingga bahan-bahan yang merupakan fakta itu siap digunakan sebagai evidensi. Dibawah ini beberapa cara  yang dapat digunakan untuk pengujian tersebut :
1.     Observasi
2.     Kesaksian
3.     Autoritas
Cara menguji fakta
Untuk menetapkan apakah data  atau informasi yang kita peroleh itu merupakan fakta, maka harus diadakan penilaian. Penilaian tersebut baru merupakan penilaian tingkat pertama untuk mendapatkan keyakinan bahwa semua bahan itu adalah fakta. Sesudah itu pengarang atau penulis harus mengadakan penilaian tingkat kedua yaitu dari semua fakta tersebut dapat digunakan sehingga benar-benar memperkuat kesimpulan yang akan diambil.
1.     Konsistensi
2.     Koherensi
Cara menguji autoritas
Seorang penulis yang objektif selalu menghindari semua desas-desus atau kesaksian dari tangan kedua. Penulis yang baik akan membedakan pula apa yang hanya merupakan pendapat saja atau pendapat yang sungguh-sungguh didasarkan atas penelitian atau data eksperimental.
1.     Tidak mengandung prasangka
2.     Pengalaman dan pendidikan autoritasi
3.     Kemashuran dan prestise
4.     Koherensi dengan kemajuan


Daftar Pustaka

http://www.gunadarma.ac.id
http://studentsite.gunadarma.ac.id
http://www.baak.gunadarma.ac.id








MEREK KOLEKTIF

Posted by : PuppyMoon di 18.38 0 Comments



Merek kolektif adalah merek yang digunakan pada barang dan jasa dengan karakteristik yang sama yaitu diperdagangkan oleh beberapa orang ataupun badan hukum secara bersama-sama untuk dapat membedakan barang ataupun jasa yang sejenis lainnya.
Merek kolektif tidak dapat dilisensikan kepada pihak lain sehingga merek kolektif pada dasarnya dapat berupa merek barang atau jasa kemudian suatu merek dapat di jadikan merek kolektif apabila memenuhi persyaratan, dimana produk barang atau jasa yang diberikan merek tersebut memiliki karakteristik yang sama. Mengingat umumnya usaha kecil menengah ini dalam hal pengurusan merek yang menjadi beban utama adalah biaya dari permohonan merek, ketika mereka menghendaki merek mereka dilindungi secara hukum. Sederhananya, merek kolektif dapat dijadikan jawaban alternatif dalam melindungi merek usaha kecil dan menengah.
Contoh dari merek kolektif salah satunya adalah tempat makan kfc ataupun pizzahut, minuman seperti coca-cola dan masih banyak lainnya.
Merek merupakan kekayaan industri yang termasuk pula kedalam kekayaan intelektual. Merek dipercaya oleh sebagian besar kalangan konsumen maupun produsen. Hal ini dapat menjadi motif para produsen untuk dapat meningkatkan ataupun mendorong para konsumen untuk dapat memilih suatu produk, karena sebagian besar para konsumen menganggap merek bukan hanya apa yang tercetak didalam kemasannya tetapi merek termasuk apa yang ada di benak para konsumen dan bagaimanapun konsumen mengasosikannya.
Fungsi daripada merek itupun sendiri adalah sebagai tanda pengenal untuk dapat membedakan hasil produksi yang dihasilkan seseorang dengan produksi lainnya. Selain itu juga sebagai alat promosi sehingga dapat mempromosikan hasil produksinya cukup dengan menyebutkan mereknya saja dan juga sebagai jaminan atas mutu barang yang dihasilkan tersebut serta mengendalikan pasar.
Di Indonesia, hak merek dilindungi oleh undang-undang dasar 1945 nomor 15 tahun 2001 yaitu jangka waktu perlindungan merek adalah sepuluh tahun dan berlaku surut sejak tanggal penerimaan permohonan merek bersangkutan dan dapat di perpanjangkan selama merek tetap digunakan dalam perdagangan apapun. Selain itu merek kolektif terdapat pada pasal 1 angka 4 dinyatakan merek yang digunakan pada barang atau jasa dengan karakteristik yang sama yang diperdagangkan oleh beberapa orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk dapat membedakan dengan barang atau jasa sejenis lainnya.
Ada beberapa hal yang menjadi penjiplakan merek yang dilakukan yaitu
·         Produk mudah di pasarkan, karena tertolong oleh produk yang ditiru
·         Biaya promosinya yang pasti lebih murah
·         Tidak perlu lagi memikirkan desain produknya
·         Tidak perlu mengurus nomor pendaftaran ke Dirjen HKI
Salah satu contoh yang memiliki kesamaan nama merek adalah produk oreo dengan oriorio. Disamping itu oriorio membuat kemasan yang tidak jauh berbeda dengan produk oreo. Oreo adalah sejenis makanan atau yang biasa dikenal dengan biskuit yang sudah tidak asing lagi di dengar oleh sebagian kalangan masyarakat. Keuntungan demi keuntungan sudah banyak diterima oleh perusahaan, dengan produk yang sangat laris tersebut dapat menjadi salah satu faktor pemicu perusahaan lain yang ingin meraih keuntungan dengan menjual produk yang hampir sama sehingga tidak perlu repot-repot lagi untuk mempromosikan produknya secara besar-besaran karena secara keseluruhan produknya sudah tertolong oleh produk yang ditirunya. Namun yang menjadi keuntungannya adalah kualitas yang asli mungkin akan dapat membedakannya di mata para konsumen.


TEMPE MAKANAN KHAS INDONESIA YANG MENDUNIA

Posted by : PuppyMoon di 18.25 0 Comments

Tempe adalah ikon makanan tradisional asli Indonesia. Kegemaran orang Indonesia untuk mengkonsumsinya pun menegaskan statusnya sebagai makanan rakyat. Selain harganya yang relatif murah, rasanya pun konon tak kalah enak dibanding burger ala Amerika atau pizza ala Italia.Lebih dari itu, tempe digemari karena kandungan gizinya yang sangat tinggi. Tak mengherankan jika tempe kini menjadi salah satu kudapan favorit warga dunia.

Namun siapa sangka jika status popularitas tempe di dunia saat ini bukan karena usaha bangsa Indonesia untuk mempromosikan ragam makanan yang murah, sarat nutrisi, dan menyehatkan seperti yang terdapat dalam tempe. Tempe jadi komoditas global karena negeri Belanda.Tersebutlah ahli mikrobiologi dan kimia Belanda, Prinsen Geerling, yang berhasil mengidentifikasi kandungan kapang dalam tempe.

Sebagai warga dari negeri yang sadar betul akan kandungan nutrisi dalam pangan, keberlanjutan lingkungan dalam eksploitasi bahan makanan, dan kreatifitas pengolahan, Prinsen Geerling membuat tempe bukan hanya dipandang sebagai alternatif makanan bergizi tinggi di Eropa namun menyulapnya menjadi komoditas yang memiliki nilai jual.
Prinsen Geerling mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk mengidentifikasi proses peragian kedelai yang menurutnya tidak lazim di negeri jajahan, Hindia Belanda ketika itu. Keheranannya menjadi beralasan karena ia beranggapan bahwa proses fermentasi lazimnya ditemui pada minuman seperti anggur dan yoghurt.Ketekunannya membuahkan hasil dengan diketahuinya keluarga jejamuran yang terdapat dalam tempe merupakan mikrobia “baik” yang berpeluang memperkaya alternatif dalam mikrobiologi pangan.
Tak tanggung-tanggung. Setelah invensi dari Geerling dipublikasikan dan diperkuat oleh riset J.J Ochse, industri tempe di Belanda menjadi berkembang pesat, salah satunya Soya Bean Company. Saat ini tercatat bahwa ada 18 industri tempeyang tersebar di Eropa serta puluhan pabrik tempe lain di dataran AmerikaSerikat.Mengukuhkan statusnya sebagai panganan yang digemari oleh masyarakat dunia.

Kasus tempe adalah salah satu contoh kecil bahwa Belanda adalah pionir dari paradigma pengolahan industri makanan yang kreatif, kaya nutrisi, ramah lingkungan, dan ditunjang oleh teknologi modern. Pengolahan kedelai hingga menjadi tempe tentu semua orang paham bahwa tidak memerlukan bahan kimia apapun, penelitian akhir-akhir ini bahkan menunjukkan bahwa tempe menjadi sumber anti oksidan yang baik. Proses yang membuat orang-orang Eropa khususnya menggemari tempe.

Kesuksesan pemasaran tempe menjadi dagangan global oleh negeri Belanda memperkuat status Belanda sebagai negeri yang paham betul bahwa makanan menjadi faktor penting yang menunjang kualitas sumber daya manusianya. Keju dan pancake adalah contoh lain bagaimana negeri Belanda sadar betul akan kandungan bahan makanan dan pengolahan yang ramah lingkungan akan menghasilkan produk kelas dunia. Sama halnya seperti tempe.

Tidak seperti makanan kedelai tradisional lain yang biasanya berasal dari Cina atau Jepang, Tempe berasal dari Indonesia. Tidak jelas kapan pembuatan tempe dimulai. Namun demikian, makanan tradisonal ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu, terutama dalam tatanan budaya makan masyarakat Jawa, khususnya di Yogyakarta dan Surakarta. Dalam bab 3 dan bab 12 manuskrip Serat Centini dengan seting Jawa abad ke-16 (Serat Centhini sendiri ditulis pada awal abad ke-19) telah ditemukan kata “tempe”, misalnya dengan penyebutan nama hidangan jae santen tempe (sejenis masakan tempe dengan santan) dan kadhele tempe srundengan.

Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”. Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai pada fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma khas. Berbeda dengan tahu, tempe terasa agak masam.
Tempe tersedia di pasar tradisional maupun modern, dengan berbagai bentuk, ada yang kotak, persegi panjang, segitiga, dan tabung. Tempe biasanya dibungkus daun pisang atau plastik. Umumnya tempe itu berbahan baku kedelai. Tapi, ada juga tempe berbahan baku koro, kacang hijau, dan biji karet. Tempe seperti itu jarang kita jumpai karena mahal dan terbatas bahan bakunya. Tempe kedelai terbagi menjadi dua: tempe kedelai transgenik (impor) dan nontransgenik (lokal). Tempe transgenik cirinya: ukuran biji lebih besar, kulitnya mengilap, merupakan hasil rekayasa genetika agar tahan hama, dan produktivitasnya tinggi. Sedangkan tempe nontransgenik cirinya: ukuran biji lebih kecil, kulitnya kurang mengilap, rasanya lebih gurih, bukan rekayasa genetika. Tempe yang beredar di pasaran umumnya berbahan kedelai transgenik karena ukuran kedelai yang besar memengaruhi pembuatan tempe lebih irit dibanding kedelai lokal.

Manfaatnya
Selain mudah didapat, harga tempe relatif murah. Harga yang relatif murah itu berbanding terbalik dengan kandungan dan manfaatnya yang banyak. Sebagai contoh, tempe kaya serat dan mengandung protein tinggi serta zat antibakteri penyebab diare sehingga bermanfaat untuk mengatasi diare. Tempe cocok bagi mereka yang sering marah-marah sehingga tekanan darah jadi tinggi karena tempe mengandung zat besi, flafoid yang bersifat antioksidan, yang dapat menurunkan tekanan darah. Tempe juga membantu menanggulangi anemia karena mengandung zat besi (Fe), seng (Zn), tembaga (Cu), protein, asam folat, dan vitamin B12 yang enggak dimiliki makanan nabati lain. Asam lemak jenuh ganda pada tempe juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, dengan mengkonsumsi tempe dapat mencegah osteoporosis, karena tempe mengandung kalsium. Untuk melawan radikal bebas, tempe mengandung superoksida destumase, yang bisa mencegah penyakit degeneratif seperti jantung koroner, kanker, dan diabetes melitus. Tempe juga berfungsi sebagai antibiotika yang dapat mencegah dan menyembuhkan infeksi. Kandungan antioksidan dalam tempe dapat mencegah penuaan dan penyakit degeneratif.
Olahan Tempe
Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Oleh karena itu, zat tempe lebih mudah dicerna tubuh. Jadi tempe boleh dikonsumsi siapa pun, yang penting bisa mengolahnya. Tempe dapat diolah menjadi tempe keripik, tempe mendoan, tempe bacem, sambal tempe penyet, steak tempe, jadah tempe, semur tempe, aneka oseng-oseng tempe, maupun sayur kuah. Hingga busuk pun tempe masih bisa dimanfaatkan, yakni sebagai bumbu penyedap. Contohnya sayur lodeh yang umum di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Di Yogya, tempe mendoan menjadi makanan favorit kalangan muda yang sering mangkal di angkringan. Biasanya diiringi cabe agar lebih sedap. Kita patut bangga dan berterima kasih kepada nenek moyang. Mereka telah menemukan tempe yang kandungan gizinya tak kalah dengan berbagai makanan berlabel luar negeri.

Konsumsi Dunia
Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia, tetapi sekarang telah mendunia. Kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Akibatnya sekarang tempe diproduksi di banyak tempat di dunia, tidak hanya di Indonesia. Tempe mulai dikenal di Eropa melalui orang-orang Belanda. Perusahaan-perusahaan tempe yang pertama di Eropa dimulai di Belanda oleh para imigran dari Indonesia. Sementara itu, tempe populer di AS setelah pertama kali dibuat di sana pada tahun 1958 oleh Yap Bwee Hwa, orang Indonesia yang pertama kali melakukan penelitian ilmiah mengenai tempe. Di Jepang, tempe diteliti sejak tahun 1926, tetapi baru mulai diproduksi secara komersial sekitar tahun 1983. Pada tahun 1984 sudah tercatat 18 perusahaan tempe di Eropa, 53 di AS, dan 8 di Jepang. Di beberapa negara lain, seperti Cina, India, Taiwan, Sri Lanka, Kanada, Australia, Amerika Latin, dan Afrika, tempe sudah mulai dikenal di kalangan terbatas. Berbagai penelitian dilakukan di sejumlah negara, seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat. Indonesia juga sekarang berusaha mengembangkan galur (strain) unggul Rhizopus untuk menghasilkan tempe yang lebih cepat, berkualitas, atau memperbaiki kandungan gizi tempe. Beberapa pihak mengkhawatirkan kegiatan ini dapat mengancam keberadaan tempe sebagai bahan pangan milik umum karena galur-galur ragi tempe unggul dapat didaftarkan hak patennya sehingga penggunaannya dilindungi undang-undang (memerlukan lisensi dari pemegang hak paten).