Welcome To My Blog AYU YULISTIATI - See more at: http://www.Ayuyulistiati@blogspot.com - Ayu.yulistiati@yahoo.com - Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Me ^_^

Credit Union

Posted by : PuppyMoon di 04.58


Nama               : Ayu Yulistiati
Kelas               : 2EB11
NPM               : 21212304
Ekonomi Koperasi (Credit Union)

Koperasi kredit atau Credit Union atau biasa disingkat CU adalah sebuah lembaga keuangan yang bergerak di bidang simpan pinjam yang dimiliki dan dikelola oleh anggotanya, dan yang bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya sendiri.
Koperasi kredit memiliki tiga prinsip utama yaitu:
1.     asas swadaya (tabungan hanya diperoleh dari anggotanya)
2.     asas setia kawan (pinjaman hanya diberikan kepada anggota), dan
3.     asas pendidikan dan penyadaran (membangun watak adalah yang utama; hanya yang berwatak baik yang dapat diberi pinjaman).

Beberapa keunggulan dan Kelemahan Koperasi Kredit di Indonesia


Keunggulan :


·            Menawarkankan tingkat rates yang menarik bagi para anggota peminjam dan penyimpan pinjaman.
·            Tidak dikenakan pajak.
·            Berperan sebagai organisasi yang tidak mengejar keuntungan semata namun juga memberikan pendidikan bagi anggotanya.
·            Berfungsi untuk melindungi anggotanya dari jeratan lintah darat

 
Kelemahan :


·         Kurangnya tenaga sukarela yang efisien
·         Tidak adanya diversitifikasi produk
·         Common bond kadang membatasi kemapuan koperasi kredit untuk melakukan divertifikasi
Lapangan usaha koperasi kredit terutama adalah menerima simpanan dan memberikan pinjaman kepada para anggota yang memerlukan dengan syarat-syarat yang mudah dan bunga ringa. Untuk meminjam modal, anggota tidak perlu menyerahkan jaminan.
Koperasi ini bisa berguna untuk memberantas riba, memajukan semangat menabung dan mendidik anggota untuk berhidup hemat.
Modal koperasi kredit berasal dari tiga sumber berikut :
  • Simpanan pokok yang boleh diminta kembali apabila anggota keluar.
  • Simpanan wajib sejumlah uang tertentu yang dilakukan secara teratur.
  • Simpanan sukarela yang setiap saat dapat diambil sesuai ketentuan koperasi yang bersangkutan.

Sejarah singkat koperasi kredit

Pada awal mulanya koperasi kredit berdiri di Negara Jerman pada akhir abad ke 19 yang didirikan oleh seorang pioneer koperasi yang bernama Hermann Schulze-Delitzsch. Koperasi kredit buatan beliau mempunyai ciri-ciri dasar dari semua koperasi yang ada sekarang ini yaitu adanya sifat membantu diri sendiri, tanggung jawab sendiri, demokrasi, persamaan, kesetaraan, dan solidaritas. Selain itu Mr.Schulze mendapat kredit atas jasanya dalam mengembangkan sifat bond of association yang menjadi dasar dari koperasi kredit sekarang ini. Selain Hermann Schulze-Delitzsch tokoh lain yang cukup berjasa dalam pengembangan koperasi kredit adalah Friedrich Wilhelm Raiffeisen yang tercata sebagai orang pertama yang tercatat mendirikan koperasi kredit di daerah pedesaan atau rural di daerah Heddesdorf, jerman. Perbedaan mendasar antara koperasi kredit bentukan Raiffeisen dan Schulze perbedaan pendirian lokasinya dimana Schulze mendirikan koperasinya di daerah perkotaan dan anggotanya kebanyakan adalah para pedagang, pemilik toko dan pengrajin. Sedangkan Raiffeisen mendirikannya didaerah pedesaan yang secara ekonomi penduduknya belum mempunyai perekonomian yang memadai.


Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar